MENINGKATKAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IX-8 SMP NEGERI 1 BARRU KABUPATEN BARRU
HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Abstract
Ilmu pengetahuan Alam (IPA) salah satu bidang pembelajaran IPA adalah Biologi. Pembelajaran yang paling banyak berperan dalam kehidupan yaitu bidang bioteknologi yang banyak memberi kontribusi pada siswa tentang diri sendiri dan lingkungan sekitarnya, Salah satu model pembelajaran yang digunakan penelitian ini adalah Pembelajaran berbasis masalah yang dapat membantu siswa untuk berpikir secara logis, sistematis, kreatif, dan lebih tanggap untuk memecahkan masalah atau persoalan yang dihadapi dalam kehidupannya. Salah satu maslah yang ditemui adalah pembelajaran yang kurang berkesan, sehingga minat belajar peserta didik kurang pada materi sebelumnya . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Biologi pada materi bioteknologi melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IX-8 SMP Negeri 1 Barru. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 5 pertemuann pada materi Bioteknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas IX-8 SMP Negeri 1 Barru yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah yang terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 82.05% menjadi 92.30%. Model pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas kelas IX-8 SMP Negeri 1 Barru dari rata-rata 74.48 siklus I menjadi 83.64 pada siklus II.