PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Panaikang 1 Kecamatan Panakukkang Kota Makassar. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif dan Kualitatif dengan menggunakan Pendekatan Regresi Sederhana menggunakan populasi penelitian siswa kelas III SDN Panaikang 1 Kecamatan Panakukkang Kota Makassar dengan jumlah sampel 35. Pengumpulan data Lingkungan Sekolah dengan teknik angket, sedangkan data Prestasi Belajar Bahasa Indonesia diperoleh dari teknik dokumentasi. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas dan Uji Normalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan Program SPSS 20,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji F disimpulkan bahwa Lingkungan Sekolah berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Dan berdasarkan uji t disimpulkan bahwa lingkungan belajar di sekolah berpengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Sekolah terhadap prestasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Panaikang 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.


